Kewirausahaan

BAB I

PENDAHULUAN

 A.    Latar Belakang Penelitian

Mata kuliah kewirausahaan adalah salah satu  mata kuliah pilihan program studi pendidikan matematika. Rendahnya pengetahuan mahasiswa mengenai wirausaha meupakan salah satu faktor penyebab mereka memilih mata kuliah ini sebagai cara untuk mengembangkan potensi mahasiswa serta menambah wawasan tentang dunia usaha.

Agar lebih memahami mengenai seluk – beluk wirausaha, untuk itumahasiswa diminta untuk terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi salah satu bentuk usaha disekitar lingkungan.

Tingginya persaingan usaha warung makan menjadi salah satu alasan peneliti untuk mengamati dan mewawancarai pemilik warung secara langsung untuk mengetahui manajemen usaha, persaingan serta peluang usaha tersebut.

Usaha warung makan membutuhkan perhatian khusus dalam menjalankannya. Karena jenis usaha ini sangat sensitif terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen terhadap suatu warung makan, akan mendatangkan dampak positif bagi berlangsungnya usaha warung makan tersebut. Loyalitas konsumen terhadap suatu rumah makan menunjukan kecenderungan konsumen untuk melakukan kunjungan ulang dalam suatu periode tertentu. Kualitas pelayanan menjadi salah satu keutaman dalam kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan yang baik diharapkan dapat membantu warung makan tersebut dalam memperoleh pelanggan baru.

Dengan melihat latar belakang tersebut, peneliti cenderung untuk meneliti usaha warung makan mie dan bakso di daerah Klaten yang lokasinya tidak jauh dari rumah peneliti.

B.     Tujuan Penelitian

Salah satu tujuan melaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan sebuah usaha dengan manajemen  dan kualitas pelayanan yang baik.

C.    Manfaat Penelitian

Adanya penelitian ini dapat memberi manfaat sebagai berikut.

  1. Memberikan pengetahuan dalam membangun sebuah usaha bagi peneliti dan pembaca.
  2. Mengetahui pentingnya manajemen yang baik dalam berwirausaha.
  3. Mengetahui pentingnya kualitas pelayanan yang baik dalam berwirausaha.

BAB II

HASIL OBSERVASI

 A.    Jenis Usaha

Usaha yang diamati adalah usaha warung makan Mie dan Bakso didaerah Klaten. Warung makan tersebut diberi nama ROMA yang artinya RoMangkok’e dan memiliki konsep rasa restoran dengan harga warung, uniknyawarung ini menyajikan menu Mie Ayam dan Bakso yang menggunakan mangkok dari pangsit yang disa dimakan.

B.     Visi dan Misi

Pemilik warung makan tersebut memiliki visi yaitu memunculkan makanan yang sehat. Untuk mewujudkan visi tersebut maka pemilik warung terjun langsung untuk membuat mie, bakso serta pangsit (mangkoknya). Bahannya pun diperoleh dari dalam seperti sapi lokal, ayam kampung, tepung yang dipilih juga tepung terbaik meskipun mahal tapi semua itu untuk memperoleh kepuasan pelanggan.

C.    Motivasi/ minat berusaha

Berdirinya usaha warung makan ini, awalnya termotivasi dari teman – teman dan keluarga. Pertama kali pada tahun 1998 usaha menjual mie basah di pasar dan mie itu dibuat sendiri. Setelah 11 tahun berkecimpung membuat mie basah saja, akhirnya baru sekarang saya berani membuka warung makan dengan mie yang dibuat sendiri. Karena dulu pemilik belum berani membuka usaha warung makan karena anak – anaknya masih kecil.

D.    Latar Belakang Usaha

Warung makan mie dan bakso ini didirikan pada bulan Juni 2010 ntepatnya satu tahun yang lalu yang beralamat di Jl. Bendo – Bayat, Danguran, Klaten. Warung makan ini memiliki 10 karyawan dan 1 orang sebagai manager sekaligus pemilik dari warung makan ini. Beliau bernama Bp. Yanto Utomo. Beliau memilih usaha ini berawal dari kegemaran beliau dalam memasak, yang kemudian mengikuti UKM (Usaha Koperasi Mandiri) dengan tujuan untuk mengembangkan potensi beliau dalam measak. Di sana beliau mendapatkan bekal peluang usaha serta mengembangkan potensi memasak. Salah satunya dalam UKM ini beliau fokus dalam pembuatan mie.

Dengan bekal dari UKM tersebut, pada tahun 1998 beliau membuka usaha mie basah dan menjual di pasar dekat rumah beliau. Setelah 11 tahun menjalani bisnis mie basahnya maka beliau menemukan ide untuk lebih mengembangkan usahanya dengn memanfaatkan mie serta bekalnya dari didikan UKM tersebut. Kemudian beliau mengembangkan sendiri pengetahuan yang didapatkan kemudian mencari bahan – bahan yang berkualitas dan terbaik.

Akhirnya beliau memutuskan untuk membuka usaha warung makan mie dan bakso yang berbeda dengan warung mie bakso yang lainnya. Karena disini beliau mengembangkan kreativitasnya dengan membuat mangkok dari bahan pangsit. Jadi jika makan mie dn bakso tersebut bisa dengan mangkoknya.

E.     Modal

Modal awal pembukaan warung makan mie dan bakso tersebut menghabiskan biaya kurang lebih 50 juta. Biaya itu sudah mencakup penyewaan tempat dan pemasarannya.

Keuntungan yang didapatpun cukup memuaskan, tiap bulan beliau bisa mendapatkan keuntungan bersih sekitar 5-8 juta perbulan.

F.     Strategi Usaha

Pada pembukaan warung makan ini, beliau memasarkannya dengan pemberian vocher makan gratis yang disebar meluas, misalny kantor – kantor, kampusn bahkan lingkungan sekitarnya yang masing – masing tempay hanya diberi 10 voucher dengan tanpa masa berlaku. Jadi tidak ada batasan penggunaan voucher gratis. Dari cara tersebut, orang yang mendapatkan voucher bisa mengajak keluarga, rekan dan saudaranya untuk mencoba makan mie dan bakso di warung tersebut.

Selain itu, dalam UKM beliau mempunyai beberapa teman yang bekerja di media cetak dan gambar. Untuk itu beliau mencoba untuk mempromosikannya melalui surat nkabar, radio bahkan televisi.

G.    Tempat/ Peluang Usaha

Lokasi yang dipilih memang bukan di tengah – tengah kota. Tapi ada alasan sendiri mengapa beliau memilih lokasi yang berada di pinggir kota. Bapak Yanto memilih lokasi tersebut karena beliau ingin memberikan kesempatan kepada kalangan bawah juga bisa menikmati makan mie dan bakso dengan pelayanan seperti di restoran mahal.

Selain itu, lokasi yang berdekatan dengan kampus Akademi Kebidanan, sekolah, kolam renang dan letaknya pun dipinggir jalan utama Bendo- Bayat memberikan peluang yang cukup baik membuka warung disini.

Dalam memilih lokasi, beliau juga memperhatikan keluasan tempat/ warung makannya sehingga pelanggan dapat nyaman dalam menikmati hidangannya.

H.    Pelanggan

Peminat mie dan bakso disini mulai dari anak kecil, remaja sampai orang tua.dari kalangan bawah sampai kalangan atas sekalipun cocok dengan kantong mereka. Bahkan ada juga pendatang dari luar kota seperti jogja, solo sampai jawa timur hanya untuk mencoba mie bakso disini.

Dengan memberikan kualitas pelayanan yang ramah, mempertahankan rasa dan kualitas bahan olahan yang baik adalah kunci utama beliau dalam mempertahankan pelanggannya.

BAB III

PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Dengan melihat hasil dari observasi yang sudah dilakukan, peneliti mengambil kesimpulan bahwa dalam berwirausaha terutama dalam usaha warung makan perlu diperlukan manajemen yang baik misalnya dalam memberikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan, menggunakan kualitas bahan olahan yang berkualitas serta tidak ada persaingan dalam berusaha.

Dalam berusaha warung makan cukup memberikan hasil untung yang cukup memuaskan. Hal ini dikarenakan makan adalah kebutuhan pokok bagi manusia. Untuk itu diperlukan juga ketepatan dalam mengambil lokasi serta memberikan harga yang bersahabat agar pelanggan dapat bertambah. Dalam hal ini, kejelian pemilik usaha dalam menanggapi kebutuhan konsumen sangat diperlukan, agar keuntungannya juga bisa dinikmati. Selain itu kenyamanan pelanggan harus diperhatikan dalam konsep berusaha warung makan.

B.     SARAN

Adapun beberapa saran dari peneliti yang mungkin dapat membangun dalam berusaha warung makan antara lain.

  1. Bagi pengusaha, sebaiknya memperhatikan adanya fasilitas warung seperti toilet dan mushola yang bersih demi kenyamanan pelanggan.
  2. Bagi pengusaha, dalam mempromosikan warung makan sebaiknya menggunakan strategi yang bervariasi dan menarik agar dapat menarik perhatian pelanggan baik anak kecil sampai orang tua.
  3. Bagi pelanggan, dalam menggunakan fasilitas warung makan digunakan dengan sebaik – baiknya sehingga tidak merusak lingkungan warung makan itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: